Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS JENIS MESIN GERINDA DATAR

Jenis Jenis Mesin Gerinda Datar - Mesin gerinda datar adalah salah satu jenis mesin gerinda yang berfungsi untuk menghaluskan/memfinising permukaan benda kerja pada bidang datar/rata, dengan tingkat hasil kehalusan permukaan dapat mencapai sampai dengan N5. Bidang datar/rata dimaksud meliputi datar sejajar, datar bertingkat, datar miring, datar alur dan datar profil.

Pengikatan benda kerja pada mesin gerinda datar dilakukan dengan mencekam benda kerja pada meja magnetik atau menggunakan alat pencekam lainnya, yang bergerak mengikuti gerakkan meja mendatar arah bolak-balik atau berputar.

Ada beberapa jenis mesin gerinda datar yang digunakan pada proses permesinan, di antaranya adalah:

Mesin Gerinda Datar Berdasarkan Posisi Sumbu Spindel Utama dan Gerakan Meja

Mesin gerinda datar jika dilihat dari posisi sumbu spindel utama dan gerakan mejanya, dapat dibagi menjadi empat yaitu:  
  • Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik
  • Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar
  • Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja bolak-balik dan
  • Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar. 

1.  Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Dengan Gerak Meja Bolak Balik

Prinsip kerja  mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi horizontal (searah jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar bolak-balik.

Jenis mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak balik terdapat dua jenis yaitu:

a. Mesin gerinda datar posisi spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik (kolom mesin satu buah)

Mesin gerinda jenis ini spindel mesin hanya dapat bergerak satu arah yaitu naik/turun arah vertikal karena hanya memiliki satu kolom mesin sebagai pengarahnya.

b. Mesin Gerinda datar posisi spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik (kolom mesin dua buah)

Untuk jenis mesin gerinda datar yang ini spindel mesin dapat bergerak dua arah yaitu naik/turun arah vertikal dan bergerak ke samping kanan/kiri arah horizontal, karena memiliki dua kolom mesin sebagai pengarahnya. Mesin gerinda datar jenis ini, digunakan untuk menggerinda benda kerja berbentuk persegi panjang dengan bidang permukaan rata, bertingkat atau menyudut.

2. Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Dengan Gerak Meja Berputar

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi horizontal (searah jarum jam) dan bersentuhan/bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar mengikuti gerakan meja yang berputar.

Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar digunakan untuk menggerinda benda kerja berbentuk bulat dengan bidang permukaan rata.

3. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertical Dengan Gerak Meja Bolak Balik

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel vertikal dengan gerak meja bolak-balik adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi vertical (searah jarum jam) dan bersentuhan/bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar bolak-balik mengikuti gerakan meja.

Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja bolak-balik, digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata, lebar dan menyudut.

4. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertical Dengan Gerak Meja Berputar

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi vertical (searah jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar mengikuti gerakan meja yang berputar.

Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar digunakan untuk menggerinda permukaan rata pada sebuah poros dengan jumlah banyak. Jenis mesin gerinda datar jenis ini terdapat beberapa tipe di antaranya:

a. Mesin gerinda datar posisi spindel vertical (kolom mesin satu buah)

b. Mesin gerinda datar posisi spindel vertical (kolom mesin dua buah)

c. Mesin gerinda datar posisi spindel vertical (spidel mesin dua buah)

Mesin Gerinda Datar Berdasarkan Pengoperasiannya

Jika dilihat dari pengoperasiannya, mesin gerinda datar dapat dibagi menjadi empat yaitu:

1. Mesin Gerinda Datar Manual

Mesin gerinda datar manual adalah salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya dilakukan secara manual. Pengertiannya adalah dalam menggerakkan/mengatur meja untuk seting dan pemakanan arah memanjang maupun melintang termasuk mengatur posisi spindel roda gerinda harus dilakukan secara manual, karena mesin gerinda datar jenis ini hanya difasilitasi pengoperasiannya melalui sistem mekanik.

2. Mesin Gerinda Datar Semi Otomatis

Mesin gerinda datar semi otomatis adalah salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya dilakukan secara semi otomatis. Pengertiannya adalah dalam menggerakkan/mengatur meja arah memanjang dapat dilakukan secara otomatis (tidak termasuk gerakan melintang dan spindel mesin), karena mesin gerinda datar jenis ini sudah difasilitasi pengoperasiannya melalui gabungan sistem mekanik dan hidrolik. Namun demikian apabila menginginkan menggerakkan/mengatur meja arah memanjang secara manual, mesin gerinda datar jenis ini masih tetap dapat digunakan dengan pengoperasian secara manual.

3. Mesin Gerinda Datar Otomatis

Mesin gerinda datar otomatis adalah adalah salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya dapat dilakukan secara otomatis. Pengertiannya adalah dalam menggerakkan/ mengatur meja arah memanjang maupun melintang termasuk mengatur posisi spindel roda gerinda dapat dilakukan secara otomatis, karena mesin gerinda datar jenis ini sudah difasilitasi pengoperasiannya melalui sistem mekanik dan hidrolik secara lengkap. Namun demikian apabila menginginkan penggunaan secara manual, mesin gerinda datar jenis ini masih tetap dapat digunakan dengan pengoperasian secara manual.

4. Mesin Gerinda Datar Computer Numerical Control (CNC)

Mesin gerinda datar computer numerical control (CNC) adalah salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya dapat dilakukan melalui komando atau perintah  berupa kode-kode dan angka yang sudah distandarkan. Pengertiannya adalah dalam menggerakkan/ mengatur meja arah memanjang maupun melintang termasuk mengatur posisi spindel roda gerinda dan besar pemakanan dapat dilakukan secara otomatis melalui pemrograman dari komputer, karena mesin gerinda datar jenis ini sudah difasilitasi pengoperasiannya melalui sistem komputerisasi.

Mesin gerinda datar jenis ini dapat menghasilkan produk penggerindaan yang tingkat presisinya sangat tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan jenis mesin gerinda datar lainnya, karena semua pengendalian pengoperasiannya dapat dikontrol melalui program dari komputer.

Post a Comment for "JENIS JENIS MESIN GERINDA DATAR"