Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS JENIS SISTEM PENDINGIN KOMPUTER

Sistem Pendingin Komputer - Sistem pendingin komputer merupakan sistem yang berfungsi untuk mengatur suhu dan mencegah terjadinya overheat pada perangkat komputer. Sistem pendingin komputer biasanya dipasang pada casing dan perangkat penting lainnya. Komputer dengan suhu yang terjaga tetap dingin akan lebih awet dan performanya tetap baik.

Jenis Jenis Sistem Pendingin Komputer

Berikut adalah beberapa jenis sistem pendingin komputer.

1. Kipas (Fan)

Kipas (fan) merupakan sistem pendingin komputer yang paling banyak ditemukan. Kipas biasanya dipasangkan pada casing dan VGA atau prosesor. Penggunaan kipas ini tergantung arah angin yang dihasilkan, ada yang berbentuk sirkulasi udara dan ada yang mengarahkan udara ke VGA atau prosessor agar tidak panas.

2. Heatsink

Heatsink adalah sistem pendingin komputer berupa lempengan logam. Lempengan logam ini berfungsi untuk menyerap panas perangkat komputer sehingga suhu perangkat komputer yang didinginkan tetap dingin. Pada heatsink dipasangkan kipas yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke heatsink. Udara yang melewati heatsink ini temperaturnya akan menjadi lebih dingin ketika mengenai perangkat komputer.

3. Liquid Cooler

Liquid cooler mampu mendinginkan perangkat komputer 10% lebih dingin sehingga panas yang timbul dapat diatasi. Liquid cooler ini tidak berisik saat digunakan bahkan hampir tidak mengeluarkan suara.

4. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair

Cara kerja sistem pendingin komputer ini yaitu perangkat komputer langsung bersentuhan dengan tabung tembaga berisi dry ice (es kering) atau nitrogen cair di mana di sekeliling tabung ini diberi isolator panas. Sistem pendingin komputer ini biasanya digunakan untuk over clock agar bisa menghasilkan temperatur yang sangat dingin. Dampak dari over clock yaitu timbulnya panas berlebih pada perangkat komputer karena perangkat komputer dipaksa untuk menghasilkan kemampuan maksimalnya. Semua komponen komputer yang menggunakan sistem pendingin ini akan dilapisi dengan pasta untuk menghindari terjadinya pengembunan dari hasil pendinginan.

5. TEC (Thermoelectric Cooler)

TEC (Thermoelectric Cooler) bekerja dengan cara mengalirkan listrik ke salah satu sisi logam dan akan tercipta sisi dingin dan sisi panas pada logam tersebut. Sistem pendingin TEC (Thermoelectric Cooler) mampu membuat pendinginan hingga melewati batas titik beku air.

Itulah jenis jenis sistem pendingin komputer yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "JENIS JENIS SISTEM PENDINGIN KOMPUTER"