Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS - JENIS CHUCK MESIN BUBUT

Jenis - Jenis Chuck Mesin Bubut

Chuck adalah alat pemegang benda kerja dengan bentuk rahang yang dapat disesuaikan lebar pembukaan rahangnya dengan kunci chuck. Ada banyak jenis chuck yang digunakan pada mesin bubut, pada kesempatan ini kita akan membahas jenis - jenis chuck berdasarkan pergerakan rahangnya, berdasarkan sistem kerjanya dan berdasarkan jumlah rahangnya.

A. Chuck Menurut Pergerakan Rahangnya

1. Chuck serentak
Chuck serentak adalah chuck yang semua rahangnya dapat digerakan dengan hanya menggerakan salah satu lubang kunci pada chuck tersebut. Chuck jenis ini digunakan pada proses pembubutan benda kerja yang simetris dan dilakukan pembubutan satu sumbu. Pada umumnya, chuck serentak mempunyai 3 rahang pencekam yang berfungsi sebagai pengapit benda kerja.

2. Chuck independent
Chuck independent adalah chuck yang setiap rahangnya dapat digerakan sendiri - sendiri dengan cara menggerakan lubang kunci chuck yang terdapat pada setiap rahang. Chuck jenis ini digunakan untuk pembubutan eksentrik atau proses pembubutan dengan sumbu banyak. Pada umumnya, chuck independent mempunyai 4 rahang yang berfungsi sebagai pemegang benda kerja.

c. Chuck universal
Chuck universal adalah chuck yang rahangnya dapat digeraka secara bersamaan maupun secara independent. Chuck jenis ini dapat digunakan untuk membubut satu sumbu maupun pembubutan sumbu banyak.

B. Chuck Menurut Sistem Kerjanya

1. Chuck ulir
Chuck ulir adalah chuck yang menggunakan ulir sebagai penggerak rahang - rahang chuck. Pada umumnya digunakan pada mesin bubut standar. Cara pengunciannya adalah dengan menggunakan kunci chuck.

2. Chuck hidraulik (Hydraulic Chuck)
Chuck hidraulik adalah chuck yang menggunakan mekanisme hidraulik sebagai penggerak rahang - rahang chuck. Chuck jenis ini biasanya digunakan pada mesin bubut CNC dan digunakan dalam pembubutan benda kerja dengan dimensi yang besar. Chuck hidraulik digunakan pada  proses pengerjaan dengan efisiensi pengerjaan tinggi, karena penguncian dengan chuck hidraulik cenderung lebih cepat dibandingkan dengan chuck ulir.

C. Chuck Menurut Jumlah Rahangnya

Berdasarkan jumlah rahang yang terdapat pada chuck, ada beberapa jenis  chuck yaitu chuck 2 rahang, chuck 3 rahang, chuck 4 rahang dan chuck 6 rahang. Sementara itu, pencekaman benda kerja dengan chuck dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:
1. Pencekaman diameter luar (Outside grip)
Pencekaman diameter luar dilakukan pada pembubutan dimana pemegangan dilakukan pada diameter luar benda kerja. Pencekaman ini dilakukan pada benda kerja pejal yang mempunyai diameter lebih kecil daripada ukuran pembukaan rahang chuck
2. Pencekaman diameter dalam (Inside grip)
Pencekaman yang dilakukan pada diameter dalam benda kerja dilakukan pada benda kerja yang mempunyai lubang lebih besar sehingga rahang chuck dapat masuk. Pencekaman jenis ini dilakukan pada benda kerja dengan bentuk pipa.

Post a Comment for "JENIS - JENIS CHUCK MESIN BUBUT"