Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PEMEGANG BENDA KERJA PADA MESIN BUBUT

Pemegang Benda Kerja Pada Mesin Bubut

Pemegang benda kerja adalah peralatan yang digunakan untuk memegang benda kerja pada saat proses pengerjaan. Pemegang benda kerja ini dihubungkan langsung dengan spindle mesin. Pemegang benda yang akan dibahas di sini adalah pemegang benda kerja pada mesin bubut. Pemegang benda kerja yang digunakan pada mesin bubut diantaranya adalah:

A. Chuck

Chuck adalah alat pemegang benda kerja dengan bentuk rahang yang dapat disesuaikan lebar pembukaan rahangnya. Berdasarkan pergerakan rahangnya, chuck dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Chuck serentak
2. Chuck independent
3. Chuck universal
Menurut sistem kerjanya, chuck dibagi 2 jenis, yaitu:
1. Chuck ulir (Threded Chuck)
2. Chuck hidrolik (Hydraulic Chuck)

Jika berdasarkan jumlah rahangnya ada chuck rahang 2, rahang 3, rahang 4 dan rahang 6.

B. Collet
Collet adalah alat bantu yang digunakan sebagai pmegang benda kerja yang memiliki ukuran diameter kecil. Collet merupakan perlengkapan pemegang pada mesin bubut yang dibuat dengan ketelitian yang tinggi dan digunakan untuk menjepit benda kerja yang kecil dan memiliki permukaan yang halus. Berdasarkan bentuk alurnya, ada tiga  jenis collet yaitu collet persegi (square collet), collet segienam (hexagonal collet) dan collet lingkaran.

C. Faceplate

Faceplate adalah pemegang benda kerja yang digunakan untuk mencekam benda kerja yang tipis yang mempunyai bentuk tidak beraturan dan yang lentur saat dibubut sehingga tidak dapat dipegang menggunakan peralatan pemegang lainnya. Faceplate mempunyai groove (alur) dengan bentuk slot. Pencekaman benda kerja dengan faceplate harus menggunakan beberapa clamp yang diletakan di beberapa posisi slot untuk mencegah terlepasnya benda kerja pada saat dilaksanakan proses pembubutan.

D. Lathe Dog

Lathe dog adalah pemegang benda kerja yang berfungsi untuk menjepit benda kerja sehingga dapat berputar mengikuti putaran poros mesin. Ada 4 jenis lathe dog yang biasa digunakan pada mesin bubut yaitu:

1. Straight tail lathe dog

Straight tail lathe dog mempunyai bentuk ekor yang lurus. Straight tail lathe dog dilengkapi mekanisme pengunci benda kerja berupa baut dengan kepala persegi maupun baut tanam.

2. Bent tail lathe dog

Bent tail lathe dog mempunyai bentuk ekor yang bengkok sehingga dapat langsung dihubungkan dengan faceplate. Bent tail lathe dog dilengkapi dengan mekanisme pengunci benda kerja berupa baut dengan kepala persegi maupun baut tanam.

3. Clamp lathe dog

Clamp lathe dog digunakan untuk benda kerja dengan diameter yang besar yang tidak cukup untuk dipegang oleh lathe dog lainnya. Mekanisme penjepitan benda kerja berupa dua buah rahang yang dihubungkan dengan dua buah baut yang berfungsi untuk menyesuaikan lebar pembukaan rahang tersebut dan juga digunakan sebagai pengunci. Pada kedua rahang mempunyai alur berbentuk v yang simetris yang berfungsi sebagai pencengkram benda kerja.

4. Safety clamp lathe dog

Safety clamp lathe dog digunakan untuk benda kerja yang mempunyai daya cengkram kurang baik. Mekanisme penjepitan benda kerja berupa dua buah rahang yang dihubungkan dengan dua buah baut yang berfungsi untuk menyesuaikan lebar pembukaan rahang tersebut dan juga sebagai pengunci. Bentuk kedua rahang mempunyai alur V dengan ukuran berbeda. Rahang atas mempunyai alur V yang besar dan rahang bawah mempunyai ukuran rahang V lebih kecil

E. Magnetic Chuck

Magnetic Chuck adalah peralatan pemegang benda kerja yang tidak mempunyai rahang. Sistem pencekaman pada magnetic chuck adalah dengan menggunakan energi megnetik yang dimiliki oleh chuck tersebut. Oleh karena itu, chuck ini hanya dapat digunakan untuk mencekam banda kerja yang memiliki sifat magnetik kuat (ferromagnetik) seperti besi, baja, kobalt dan nikel. Magnetic chuck hanya digunakan untuk mencekam benda kerja yang mempunyai bentuk tipis dan memiliki permukaan pencekaman yang lebar dan rata seperti plat.

Post a Comment for "PEMEGANG BENDA KERJA PADA MESIN BUBUT"