PROSEDUR RESET SENSOR TP DAN MENGHAPUS KODE KEGAGALAN PADA ECM
Teknologi sepeda motor terus berkembang dari waktu ke waktu. Setiap produsen motor selalu berlomba untuk terus mengembangkan teknologi yang diterapkan pada motor yang diproduksinya. Salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan pada sepeda motor khususnya sepeda motor keluaran baru adalah teknologi PGM-FI. PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar yang terprogram. Proses suplai bahan bakar pada sistem PGM-FI ini dilakukan secara elektronik dan dikontrol oleh sensor - sensor. Salah satu kelebihan dari sepeda motor dengan sistem PGM-FI ini adalah perawatannya yang lebih mudah. Ketika terjadi kerusakan maka sensor - sensor yang terpasang akan mengirimkan sinyal kerusakan yang akan ditampilkan dengan kedipan lampu MIL. Kedipan MIL ini disebut dengan kode kegagalan dan akan disimpan di ECM. Setelah dilakukan perbaikan terhadap kerusakannya, ECM tidak dapat menghapus kode kegagalannya sendiri tetapi harus dilakukan reset secara manual agar mesin dapat bekerja secara normal kembali. Reset kode kegagalan biasanya dilakukan dengan mereset sensor TP dan menghapus kode kegagalan pada ECM. Pada tulisan kali ini akan dijelaskan prosedur reset sensor TP/ECM dan menghapus kode kegagalan pada ECM.
Prosedur Menghapus Kode Kegagalan Pada ECM
Pada saat sensor mengirimkan sinyal kode kegagalan dan dilakukan perbaikan maka kode kegagalan yang tersimpan di ECM harus dihapus. Prosedur menghapus kode kegagalan pada ECM adalah sebagai berikut:
- Pastikan kunci kontak dalam keadaan OFF
- Lepaskan cover yang menghalangi DLC
- Lepaskan DLC cup (penutup DLC)
- Pasangkan DLC short connector ke DLC
- Putar kunci kontak ke posisi ON
- Lepaskan DLC short connector selama 5 detik lalu pasangkan kembali
- Jika kode kegagalan berhasil dihapus maka MIL akan merkedip secara terus menerus
- Putar kunci kontak kembali ke OFF
- Lepaskan DLC short connector dan pasangkan kembali cover yang menghalangi DLCnya
Perludiperhatikan, selain karena adanya kerusakan, reset sensor TP/ECM juga dilakukan apabila salah satu dari part yang berhubungan dengan sistem bahan bakar sudah dicopot atau diganti dengan yang baru. Part yang berhubungan dengan sistem bahan bakar tersebut diantaranya adalah:
- Throttle body
- Pipa intake
- Idle air screw
- Pompa bahan bakar
- Saringan bahan bakar
- Injector
- Sensor O2
- Cylinder head: valve, valve guide dan valve seat
- Cylinder: piston dan ring piston
- Putar kunci kontak ke posisi OFF
- Lepaskan penutup DLC dan pasangkan DLC connector
- Lepaskan sensor EOT
- Pasangkan jumper line pada connector sensor EOT (menghubungkan kabel warna kuning/biru-hijau/jingga)
- Putar kunci kontak ke posisi ON
- Lepaskan jumper line dari konektor sensor EOT
- MIL berkedip selama 10 detik (pola penerimaan reset)
- Pasang kembali konektor sensor EOT
- Lepaskan DLC short connector, tutup kembali DLC short connector dengan penutup DLC
- Hidupkan mesin pada putaran stasioner selama kurang lebih 20 menit
Gambar DLC Short Connector |
Itulah prosedur reset sensor TP dan menghapus kode kegagalan pada ECM. Jika ada yang harus ditambahkan silahkan sampaikan di kolom komentar yaa.
Teima kasih
Daftar singkatan:
Post a Comment for "PROSEDUR RESET SENSOR TP DAN MENGHAPUS KODE KEGAGALAN PADA ECM"