CARA KERJA MOTOR BAKAR WANKEL
Motor bakar wankel adalah motor bakar yang terdiri dari rotor berbentuk segitiga sama sisi yang berputar di dalam stator. Motor bakar wankel dikenal juga dengan nama mesin rotari (rotary engine). Motor bakar wankel pertama kali diciptakan oleh Dr. Felix Wankel pada tahun 1954. Dr. Felix Wankel adalah seorang insinyur berkebangsaan jerman. Jika dibandingkan dengan motor torak, getaran motor wankel ini lebih halus karena tidak banyak bagian yang bergerak. Motor wankel memiliki bobot yang lebih ringan, bentuk yang kompak dan ukuran yang lebih kecil. Motor wankel dapat menghasilkan tenaga gerak dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan mesin torak untuk ukuran mesin yang sama besar. Motor bakar wankel ini termasuk ke dalam motor pembakaran dalam (internal combustion chamber).
![]() |
Gambar Motor Wankel |
Mesin wankel masih memerlukan baterai, distributor, sistem pendinginan dan sistem pelumasan di dalam setiap proses operasi mesinnya. Satu siklus motor wankel terdiri dari empat langkah operasi yaitu langkah penghisapan bahan bakar, langkah pemampatan (kompresi) bahan bakar, langkah tenaga (ekspansi) dan langkah pembuangan gas sisa pembakaran.
Siklus Kerja Motor Wankel
Siklus kerja motor bakar wankel pada dasarnya sama dengan motor bakar torak yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang. Siklus kerja dari motor wankel adalah sebagai berikut:
1. Langkah induksi (hisap)
Ketika ujung rotor (triangular rotor) melewati saluran masuk bahan bakar, campuran bahan bakar dan udara (gas O2) masuk ke dalam ruang bakar karena adanya hisapan atau tekanan tinggi dari gaya orbit eksentrik perputaran rotor mengelilingi gigi sumbu (central gear)
2. Langkah tekan (kompresi)
Ketika rotor melanjutkan putaran, campuran bahan bakar akan terdorong ke sisi ruang bakar berikutnya. Campuran bahan bakar pada sisi ini akan termampatkan oleh gaya orbit perputaran rotor.
3. Langkah tenaga (usaha)
Pada saat campuran bahan bakar dan udara termampatkan, busi akan memercikan api dan membakar campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi ledakan dan tekanan akan meningkat. Tekanan yang meningkat ini akan mendorong rotor sehingga rotor berputar dan memutar roda gigi central (central gear) kedepan.
4. Langkah buang
Ketika rotor berputar ke arah sisi berikutnya, lubang gas buang terbuka sehingga gas sisa pembakaran akan terdorong ke luar.
Saat ini mesin wankel sudah banyak ditinggalkan perusahaan otomotif karena memiliki beberapa kekurangan. Mesin wankel dianggap sebagai mesin yang boros bahan bakar dan boros oli mesin. Selain itu mesin wankel ini juga menghasilkan gas buang CO2 yang masih tinggi dan ini sangat berbanding terbalik dengan keadaan saat ini dimana setiap produsen otomotif dunia terus berlomba untuk bisa menghasilkan mesin dengan kadar CO2 yang rendah. Hal ini berkaitan dengan adanya regulasi EURO 3 yang mengatur dengan ketat emisi gas buang sebagai salah satu upaya penanganan pemanasan global (global warming).
Post a Comment for "CARA KERJA MOTOR BAKAR WANKEL"