Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGUBAH TABEL PADA MICROSOFT WORD SESUAI KEBUTUHAN

Cara Mengubah Tabel Pada Microsoft Word

Cara Mengubah Ukuran Tabel

Apabila ingin mengubah ukuran tabel yang sudah dibuat lakukan langkah – langkah di bawah ini :

1. Klik tabel yang ingin diubah ukurannya.
2. Tempatkan pointer di pojok kanan bawah pada tabel tersebut.
3. Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) ke bawah dan ke kiri untuk mengubah ukurannya.
4. Lepaskan mouse bila ukuran telah sesuai. 

Cara Mengubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris 

Untuk mengubah lebar kolom, lakukan langkah-langkah di bawah ini : 

  1. Letakkan pointer pada garis Vertikal di mana kolom tersebut akan diubah.
  2. Drag ke kanan sehingga ukuran lebarnya menjadi besar atau drag ke kiri untuk ukuran kecil. Perhatikan di layar tampak garis vertikal putus-putus.
  3. Lepas mousenya jika ukurannya sudah sesuai.

Untuk merubah tinggi baris, lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Letakkan pointer pada garis Horizontal di mana baris tersebut akan diubah.
  2. Lalu drag ke atas sehingga ukurannya lebih kecil atau drag ke bawah sehingga ukurannya menjadi lebih tinggi. Di layar tampak garis horizontal terputus – putus.
  3. Lepas mousenya jika ukurannya sudah sesuai.

Cara Menyisipkan Baris dan Kolom

Langkah yang digunakan untuk menyisipkan baris atau menambah baris baru adalah sebagai berikut: 

1. Sorot baris pada posisi mana akan menyisipkan baris baru, misalnya pilih baris akhir. 
2. Klik tab Layout dan dalam grup Rows & Columns, klik ikon Insert Bellow untuk menyisipkan baris baru yang ditempatkan di bawah baris yang disorot. Lalu dapat juga memilih Insert Above untuk menyisipkan baris baru yang ditempatkan di atas baris yang disorot
 

Sedangkan untuk menyisipkan kolom baru adalah sebagai berikut :

1. Sorot baris pada posisi mana akan menyisipkan kolom baru. 
2. Klik tab Layout dan dalam grup Rows & Columns, klik ikon Insert Left untuk menyisipkan kolom baru yang ditempatkan di sebelah kiri kolom  yang disorot. Lalu dapat juga memilih Insert Right untuk menyisipkan kolom baru yang ditempatkan di sebelah kanan kolom yang disorot.

Cara Menghapus Sel, Kolom dan Baris

Untuk menghapus sel, kolom dan baris pada tabel, langkah yang digunakan adalah sebagai berikut : 

1. Tempatkan kursor pada sel tertentu yang ingin dihapus. 
2. Klik tab Layout dan dalam grup Rows & Columns, klik ikon Delete 
3. Kotak penghapusan sel, kolom, baris dan tabel akan terlihat sebagai berikut :
  • Delete Cells, digunakan untuk menghapus sel tertentu pada posisi kursor atau sel yang disorot. 
  • Delete Columns, digunakan untuk menghapus kolom tertentu pada posisi kursor atau sel yang disorot. 
  • Delete Rows, digunakan untuk menghapus baris tertentu pada posisi kursor atau sel yang disorot.
  • Delete Table, digunakan untuk menghapus tabel.
4. Pilih salah satu yang diinginkan

Cara Menggabung Sel

Menggabung sel ini hanya dapat dilakukan pada baris atau kolom yang berdekatan dalam suatu tabel. Untuk menggabung beberapa sel, ikuti langkah berikut ini : 

1. Sorot beberapa sel yang berdampingan. 
2. Klik tab Layout dan dalam grup Merge, klik ikon Merge Cells 

Cara Membagi Sel

Untuk membagi sel, ikuti langkah di bawah ini : 

1. Sorot atau pilih sel yang akan di pisah. 
2. Klik tab Layout dan dalam grup Merge, klik ikon Split Cells sehingga muncul kotak pilihan di bawah ini : 
3. Pada Kotak isian Number of Columns dan Number of rows isi angka yang diinginkan.
4. Klik OK

Itulah cara mengubah tabel pada microsoft word sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "CARA MENGUBAH TABEL PADA MICROSOFT WORD SESUAI KEBUTUHAN"