Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL: FUNGSI DAN SYARAT SISTEM INJEKSI YANG BAIK DAN TEPAT

Sistem Injeksi Bahan Bakar Mesin Diesel - Sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel adalah sistem yang paling penting di antara sistem - sistem yang lainnya. Sistem injeksi bahan bakar yang baik dan tepat akan menghasilkan tenaga mesin yang optimal. Sebaliknya, sistem injeksi bahan bakar yang kurang baik dan kurang tepat akan menyebabkan tenaga mesin diesel menjadi kurang optimal atau bahkan tidak dapat dijalankan sama sekali.

Banyak yang mengatakan bahwa sistem injeksi pada mesin diesel merupakan jantung hidup dan matinya mesin diesel.

Sistem injeksi bahan bakar mesin diesel mencakup rangkaian komponen - komponen yang berhubungan dengan bahan bakar yang berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar, memompakan bahan bakar dan menginjeksikan bahan bakar tersebut ke dalam ruang bakar.

Pompa Injeksi Bahan Bakar Mesin Diesel

Fungsi Sistem Injeksi Bahan Bakar Mesin Diesel

Dari uraian di atas, sistem injeksi bahan bakar mesin diesel memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menyimpan bahan bakar
  2. Menyaring bahan bakar
  3. Memompa atau menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar
  4. Mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang bakar
  5. Memajukan saat penginjeksian bahan bakar
  6. Mengatur kecepatan mesin sesuai dengan bebannya melalui pengaturan penyaluran bahan bakar
  7. Mengembalikan kelebihan bahan bakar ke dalam tangki

Pada dasarnya fungsi sistem injeksi bahan bakar mesin diesel ini hampir sama dengan sistem bahan bakar pada mesin bensin.

Syarat Sistem Injeksi Bahan Bakar Mesin Diesel

Untuk menghasilkan sistem injeksi yang baik dan tepat, sistem injeksi bahan bakar mesin diesel harus memenuhi syarat - syarat sebagai berikut:

1. Memberikan sejumlah tertentu bahan bakar

Sistem injeksi bahan bakar mesin diesel harus setiap saat tertentu memberikan sejumlah bahan bakar ke tiap - tiap silinder sesuai dengan kebutuhan

2. Menepatkan saat penginjeksian bahan bakar

Bahan bakar harus diinjeksikan ke dalam silinder dengan tepat. Tepat di sini adalah waktu di mana kemungkinan mesin diesel mampu menghasilkan tenaga yang maksimum. Bahan bakar yang diinjeksikan terlalu cepat atau terlalu lambat akan menyebabkan terjadinya kerugian tenaga pada saat langkah usaha.

3. Mengendalikan kecepatan pengiriman bahan bakar

Kerja mesin diesel yang halus pada tiap - tiap silinder tergantung pada lama waktu yang diperlukan untuk menginjeksikan bahan bakar. Kecepatan mesin yang lebih tinggi harus dicapai dengan pemasukan bahan bakar yang lebih cepat pula

4. Mengabutkan bahan bakar

Bahan bakar harus sepenuhnya tercampur dengan udara untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Dalam hal ini bahan bakar harus dikabutkan menjadi partikel - partikel kecil dan halus. Dengan demikian penginjeksian bahan bakar ke dalam silinder harus pada saat yang tepat dan jumlah yang tepat pula sesuai dengan jumlah bahan bakar yang diperlukan.

Sistem injeksi bahan bakar mesin diesel harus dirawat dengan baik karena jika terdapat gangguan pada sistem injeksi bahan bakar maka mesin tidak akan bekerja dengan baik. 

Post a Comment for "SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR MESIN DIESEL: FUNGSI DAN SYARAT SISTEM INJEKSI YANG BAIK DAN TEPAT"