Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MACAM - MACAM BENTUK RUANG BAKAR

Macam - Macam Bentuk Ruang Bakar 

Ruang bakar (combustion chamber) adalah bagian dari kepala silinder (cylinder head) yang berfungsi sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Ruang bakar ini terdapat di atas kepala silinder (cylinder head) dan terdapat lubang masuk bahan bakar dan lubang keluar gas sisa pembakaran. Selain terdapat lubang masuk bahan bakar dan lubang keluar gas sisa pembakaran, pada ruang bakar ini juga terdapat dudukan busi.

Setiap kendaraan memiliki bentuk ruang bakar yang tidak sama. Ruang bakar dirancang untuk mengoptimalkan pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Komponen - komponen yang terhubung langsung dengan ruang bakar akan sangat mempengaruhi bentuk ruang bakar. Ruang bakar pada umumnya terdiri dari empat macam bentuk ruang bakar yaitu ruang bakar model setengah bulat, ruang bakar model baji, Ruang bakar model bak mandi dan ruang bakar model pent roof.

1. Ruang Bakar Model Setengah Bulat (Hemispherical Combustion Chamber)

Gambar Ruang Bakar Model Setengah Bulat

Ruang bakar model setengah bulat memiliki permukaan yang lebih kecil dibandingkan dengan model ruang bakar lainnya dengan kapasitas yang sama. Permukaan yang lebih kecil menyebabkan panas yang hilang lebih sedikit sehingga efisiensi panasnya menjadi lebih tinggi dibanding dengan model lainnya. Selain itu efisiensi saat pemasukan (intake) dan pengeluaran (exhaust) juga efisiensinya lebih tinggi. Kelebihan ruang bakar model setengah bulat ini adalah konstruksinya lebih sempurna sedangkan kekurangannya adalah penempatan mekanisme katup menjadi lebih rumit.

2. Ruang Bakar Model Baji (Wedge Type Chombustion Chamber)

Gambar Ruang Bakar Model Baji

Sama halnya dengan ruang bakar model setengah bulat, pada ruang bakar model baji kehilangan panasnya juga kecil jadi efisiensi panasnya dapat dioptimalkan. Jika dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat, model ruang bakar model baji memiliki mekanisme katup yang lebih sederhana.

3. Ruang Bakar Model Bak Mandi (Bathtub Type Combustion Chamber)

Gambar Ruang Bakar Model Bak Mandi

Disebut ruang bakar model bak mandi karena konstruksi ruang bakarnya mirip dengan bak mandi. Ruang bakar model bak mandi konstruksinya sederhana dan biaya produksinya yang lebih rendah. Saluran masuk (intake) dan saluran buang (exhaust) pada ruang bakar model bak mandi memiliki diameter katup yang kecil. Katup yang kecil menyebabkan  proses penghisapan campuran bahan bakar dan udara serta proses pembuangan menjadi kurang sempurna. Desain ruang bakar model bak mandi ini diharapkan dapat membuat campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar dapat membentuk pusaran sehingga proses pembakaran menjadi lebih maksimal.

4. Ruang Bakar Model Pent Roof

Gambar Ruang Bakar Model Pent Roof

Ruang bakar ini dinamakan ruang bakar model pent roof karena memiliki bentuk yang mirip dengan atap rumah. Ruang bakar model pent roof memiliki bentuk segi empat baik tegak maupun mendatar. Jika dihubungkan ke titik pusat akan menyerupai atap suatu bangunan.

Ruang bakar model pent roof digunakan pada mesin yang mempunyai jumlah katup lebih dari dua katup di setiap silindernya yang disusun sedemikian rupa antara katup dan poros noknya. Ruang bakar model pent roof dapat memberikan efek penghisapan campuran bahan bakar dan udara serta pembuangan gas buang menjadi lebih efektif. Efek semburan yang terjadi lebih baik sehingga campuran bahan bakar dan udara akan lebih mudah terbakar. Penempatan busi pada ruang bakar model pent roof adalah di tengah - tengah ruang bakar.

Itulah empat model ruang bakar yang saat ini digunakan. Penggunaan model - model ruang bakar tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kendaraan yang dirancang.

Post a Comment for "MACAM - MACAM BENTUK RUANG BAKAR"