Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS - JENIS PISAU FRAIS

Jenis - Jenis Pisau Frais

Pisau frais adalah pisau yang digunakan untuk menyayat benda kerja pada mesin frais (milling). Pisau frais dibedakan menjadi dua jenis yaitu pisau frais inserted dan pisau frais solid. Pisau frais biasanya terbuat dari bahan HSS (High Speed Steel), cast alloy atau cemented carbide. Berdasarkan bentuknya, jenis - jenis pisau frais dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Pisau Frais Rata (Plain Milling Cutter)

Pisau frais rata digunakan untuk mengefrais rata permukaan benda kerja. Gigi potong pisau frais rata berbentuk lurus atau heliks. Pisau frais rata terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

a. Pisau frais rata untuk pemotongan ringan (Light duty plain milling)

Pisau frais jenis ini biasa digunakan untuk pekerjaan - pekerjaan ringan. Pisau ini pada umumnya berbentuk gigi lurus atau gigi miring (helix). Gigi - gigi pisau jenis ini memiliki ukuran yang kecil dengan pitch yang kecil pula. Pisau ini dirancang untuk pemotongan ringan dengan kecepatan sedang.

b. Pisau frais rata untuk pemotongan kasar/berat (Heavy duty plain milling)

Pisau frais jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebar. Pada pisau jenis ini jumlah giginya lebih sedikit dibandingkan dengan light duty plain milling

c. Pisau frais rata heliks (Helical plain cutter)

Pisau frais rata heliks memiliki jumlah gigi yang lebih kasar dan lebih sedikit dibandingkan dengan heavy duty plain milling. Sudut kemiringan pada pisau heliks ini adalah 45o sampai 60o. Sudut yang besar pada pisau heliks ini mampu menyerap gaya pemotongan yang terjadi.

2. Pisau Frais Samping (Side Milling Cutter)

Bentuk side milling cutter sama dengan plain milling cutter tetapi terdapat mata potong pada salah satu atau kedua sisinya. Pisau frais jenis ini dapat melakukan pemakanan pada sisi muka serta pada kedua sisi sampingnya. Jenis - jenis pisau frais yang termasuk ke dalam jenis pisau frais samping (side milling cutter) antara lain adalah:

a. Pisau frais samping lurus (plain side milling cutter)

Pisau frais samping lurus (plain side milling cutter) berbentuk sisi lurus pada sisi muka dan kedua sisi sampingnya.

b. Pisau setengah sisi (Half side milling cutter)

Pisau frais setengah sisi (Half side milling cutter) amempunyai gigi pemotong pada satu sisi samping dan gigi heliks pada sisi muka. Pisau frais setengah sisi (Half side milling cutter) dianjurkan untuk proses frais permukaan kasar dan proses frais  pada satu sisi saja.

c. Pisau frais berselang seling (Staggered tooth side milling cutter)

Pisau frais berselang seling (staggered tooth side milling cutter) dianjurkan untuk pemotongan kasar,  alur dan slotting.

3. Pisau Frais Potong (Metal Slitting Saw)

Pisau frais potong digunakan untuk memotong benda kerja serta untuk membuat alur sempit (narrow slot). Beberapa jenis pisau frais yang merupakan jenis metal slitting saw adalah:

a. Pisau frais gergaji lurus (Plain metal slitting saw)

Pisau frais gergaji lurus (plain metal slitting saw) adalah pisau yang memiliki ketebalan paling tipis. Pisau jenis ini memiliki sisi yang lurus dan sisi sampingnya dibentuk tirus. Jumlah gigi pada pisau frais gergaji lurus (plain metal slitting saw) lebih banyak dari pisau muka lurus (plain milling cutter).

b. Pisau frais potong dengan gigi samping (Metal slitting saw with side teeth)

Pisau frais potong dengan gigi samping (metal slitting saw with side teeth) bentuknya sama dengan pisau frais samping. Sisi samping pisau frais ini diberikan jarak longgar untuk beram serta mencegah pisau dari tekanan jepit ketika digunakan. Pisau frais potong dengan gigi samping (metal slitting saw with side teeth) dianjurkan digunakan untuk pemotongan dan pembuatan alur yang dalam.

c. Pisau frais alur sekrup (Screw sloting cutter)

Pisau frais alur sekrup (screw sloting cutter) merupakan pisau yang dirancang khusus untuk memotong alur dalam kepala baut. Selain itu, pisau frais alur sekrup (screw slotong cutter) juga digunakan untuk pemotongan ringan seperti ring piston, tube copper dan benda - benda sejenis lainnya. Sisi dari pisau frais alur sekrup (screw sloting cutter) dibuat lengkung lurus dan sejajar.

d. Pisau frais potong staggered (Staggered tooth metal sliting saw)

Bentuk pisau potong staggered (staggered tooth metal sliting saw) sama dengan pisau staggered. Pisau potong staggered (staggered tooth metal sliting saw) dianjurkan untuk pemotongan selebar 3/16 inch.

4. Pisau Frais Sudut (Angular Milling Cutter)

Pisau frais sudut (angular milling cutter) digunakan untuk memotong sudut seperti pemotongan alur V, gigi reamer, ekor burung dan serrations. Jenis - jenis pisau frais yang termasuk ke dalam pisau sudut (angular milling cutter) adalah:

a. Pisau frais sudut tunggal

Pisau frais sudut tunggal memiliki satu sisi permukaan sudut antara 45o sampai 60o. Pisau frais sudut tunggal biasa digunakan untuk pembuatan alur nothes pada roda ratchet dan proses - proses sejenisnya.

b. Pisau frais sudut ganda

Pisau frais sudut ganda memiliki bentuk sisi V dengan sudut 45o, 60o atau 90o. Pisau frais sudut ganda ini digunakan untuk pembuatan alur V.

5. Pisau Frais Jari (Endmill Cutter)

Pisau frais jari (endmill cutter) adalah pisau solid dimana gagang dan sisi potong dibuat dalam satu kesatuan. Tetapi terdapat juga pisau frais jari (endmill cutter) tipe shell yaitu pisau frais jari (endmill) dengan mata pisau dan gagang yang terpisah. Selain pisau frais jari tipe shell, pisau endmill memiliki gagang yang tirus atau lurus dan dipasangkan pada spindel mesin. Fungsi dari pisau frais jari (endmill) yaitu untuk pengefraisan muka, pengefraisan vertikal, horizontal menyudut dan melingkar. Secara operasional, pisau frais jari (endmill) digunakan untuk pembuatan shoulders (tingkat), pocket (kantong), alur, keyways, pengefraisan bentuk dan permukaan datar. Pisau frais jari (endmill) sebagian besar digunakan pada mesin frais vertikal. Pisau frais jari (endmill) biasanya terbuat dari cemented carbide atau HSS. Jenis - jenis pisau frais  jari (endmill) diantaranya adalah:

a. Endmill dua mata (Two flute)

Endmill dua mata memiliki dua mata potong pada selubungnya. Ujung sisi endmill dua mata dirancang untuk dapat memotong sampai ke center. Pisau frais ini dapat digunakan untuk alur atau dapat juga digunakan sebagaimana bor.

b. Endmill dengan mata potong jamak

Endmill dengan mata potong jamak mempunyai tiga, empat, enam atau delapan sisi potong serta memiliki diameter lebih dari 2 inch.

c. Ball endmill

Pisau frais ball endmill digunakan untuk membuat fillet atau alur dengan radius di permukaannya, lubang, alur bulat, bentuk bola serta semua pengerjaan bentuk bulat.

d. Shell endmil

Shell endmill memiliki lubang yang digunakan untuk pemasangan pada arbor pendek. Gigi - gigi pisau shell endmill berbentuk heliks. Pisau shell endmill berukuran 1 1/4 inch sampai 6 inch, lebih besar dari pisau solid.

6. Pisau Frais Muka (Facemill Cutter)

Pisau frais muka (facemill cutter) adalah pisau dengan mata potong yang disisipkan (inserted). Pisau frais muka (facemill cutter) memiliki ukuran 6 inch atau lebih. Pisau frais jenis ini biasanya digunakan untuk menghasilkan permukaan datar dan dipasangkan langsung pada spindel mesin frais.

7. Keyseat Milling Cutter

Keyseat milling cutter adalah pisau frais yang digunakan secara khusus untuk membuat keyseat untuk alur woodruff. Keyseat cutter ini sesuai untuk semua ukuran alur woodruff.

8. T-Slot Milling Cutter

T-Slot milling cutter adalah pisau frais jenis endmill yang dirancang secara khusus untuk membuat alur T.

9. Pisau Frais Bentuk

Pisau bentuk adalah pisau yang digunakan untuk mengefrais dengan bentuk yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Pisau frais bentuk dapat digunakan untuk mengefrais bentuk - bentuk dan ukuran yang berbeda - beda maupun ukuran standar.

10. Rotary Files

Rotary files mempunyai bentuk yang hampir sama dengan endmill akan tetapi rotary files sebenarnya bukanlah pisau. Pisau rotary files digunakan untuk finishing dies, mold, hasil pengelasan dan pengerjaan - pengerjaan lainnya yang tidak membutuhkan pengurangan dimensi dalam jumlah yang besar. Rotary fies terbuat dari bahan HSS atau carbide.

11. Fly Cutter

Pisau frais fly cutter mirip dengan pisau mesin bubut yang memiliki satu mata potong. Pisau frais fly cutter terdiri dari badan dan mata pisau. Mata pisau ini disisipkan pada badan pisau. Pisau frais fly cutter berfungsi untuk meratakan (mengefrais rata) permukaan mirip dengan pisau frais facemill. Pisau frais fly cutter memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan pisau frais facemill.

Post a Comment for "JENIS - JENIS PISAU FRAIS"