Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS - JENIS PCB

Jenis - Jenis PCB - PCB adalah komponen elektronika berupa lempengan papan sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan rangkaian - rangkaian komponen elektronika. PCB merupakan kependekan dari Printed Circuit Board (Papan Rangkaian Cetak). PCB ditemukan pada tahun 1936 oleh seorang ilmuan asal Austria bernama Paul Eisler yang digunakan pada rangkaian radio. PCB ini kemudian dimanfaatkan oleh Amerika untuk radio militer pada tahun 1943 dalam skala yang lebih besar. PCB digunakan secara komersial oleh perusahaan - perusahaan di Amerika tiga tahun setelah perang dunia kedua yaitu pada tahun 1948.

Jenis - jenis PCB di kelompokan menjadi dua kategori yaitu PCB berdasarkan fleksibilitasnya dan PCB berdasarkan jumlah lapisannya.

Jenis - Jenis PCB Berdasarkan Fleksibilitasnya

Jenis - jenis PCB berdasarkan fleksibilitasnya adalah sebagai berikut:

1. Rigid PCB

Rigid PCB adalah PCB (Printed Circuit Board) yang tidak fleksibel (kaku). Rigid sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti kaku. Rigid PCB dibuat dengan sengaja agar tidak dapat dibengkokkan atau dilipat. Rigid PCB ini terbuat dari bahan substrat yang padat dan kaku.

2. Flex PCB

Flex PCB atau disebut juga Flexible PCB adalah PCB (Printed Circuit Board) yang dapat dilipat atau dibengkokkan tanpa merusak rangkaian yang terpasang pada PCB tersebut. Flex PCB terbuat dari bahan plastis yang fleksibel.

3. Rigid-Flex PCB

Rigid-Flex PCB adalah PCB (Printed Circuit Board) gabungan dari Rigid PCB dan Flex PCB. Pada rigid-flex PCB ini materialnya terbuat dari subtrat yang kaku dan ada bagian yang terbuat dari subtrat yang fleksibel.

Jenis - Jenis PCB Berdasarkan Jumlah Lapisannya

Jika dilihat dari jumlah lapisannya, PCB terbagi menjadi tiga jenis yaitu single sided PCB, double sided PCB dan multi layer PCB.

1. Single Sided PCB

Pada PCB (Printed Circuit Board) jenis single  sided PCB, lapisan tembaga hanya tertempel pada satu sisi subtrat saja. PCB (Printed Circuit Board) jenis ini pada umumnya digunakan pada rangkaian elektronika sederhana dengan biaya produksi yang cukup rendah.

2. Double Sided PCB

Pada PCB (Printed Circuit Board) jenis double sided PCB, lapisan tembaga ditempelkan pada kedua sisi subtratnya. Antara lapisan tembaga di satu sisi dengan lapisan tembaga di sisi lainnya dihubungkan dengan lubang - lubang. 

3. Multi Layer PCB

Pada PCB (Printed Circuit Board) jenis multi layer PCB terdapat beberapa lapisan tembaga yang dipisahkan dengan lapisan insulator. Multi layer PCB terdiri dari 4 lapisan, 6 lapisan, 8 lapisan, 10 lapisan dan 16 lapisan. Multi layer PCB ini pada umumnya digunakan untuk rangkaian komponen elektronika kompleks.

Lapisan PCB

PCB terdiri dari beberapa lapisan yang digabungkan menjadi satu. Jika dilihat dari struktur lapisannya, PCB ini mirip dengan kue lapis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, PCB ada yang terdiri dari hanya satu lapis (single sided PCB), ada yang terdiri dari dua lapis (double sided PCB) dan ada yang terdiri dari beberapa lapisan (multi layer PCB). Lapisan lapisan ini tersusun dari struktur dan komposisi standar PCB (Printed Circuit Board). Struktur dan komposisi standar PCB (Printed Circuit Board) tersebut adalah:

1. Subtrat

Subtrat adalah lapisan dasar dari PCB. Pada umumnya bahan subtrat yang digunakan untuk PCB adalah FR2 (Flame Resistance 2) dan FR4 (Flame Resistance 4).

FR2 adalah kertas bonding resin sintetis (syntetic resin bonded paper). FR2 merupakan bahan komposit yang terbuat dari kertas yang diresapi dengan resin plastik formaldehida fenol (plasticized phenol formaldehyde resin). FR4 (Flame Resistant 4) adalah lapisan PCB berupa anyaman fiberglass yang dilapisi dengan resin epoksi (epoxy resin).

FR4 merupakan isolasi yang bagus, memiliki daya serap air yang rendah serta tahan suhu panas hingga 140oC. PCB yang berbahan FR4 ini lebih mahal jika dibandingkan dengan PCB yang berbahan FR2.

2. Tembaga

Tembaga (copper) adalah lapisan yang dilaminasi ke lapisan subtrat dengan perekat dan suhu tinggi. Pada PCB jenis single sided, lapisan ini hanya dilapiskan pada satu sisi saja, pada PCB jenis double sided tembaga ini dilapiskan pada kedua sisi subtratnya sedangkan pada PCB jenis multi layer lapisan tembaga ini bisa dilaminasi sampai 16 lapisan.

3. Soldermask

Di atas lapisan tembaga akan dilapisi lagi dengan soldermask untuk melindungi lapisan tembaga dan jalur konduktor dari hubungan yang tidak disengaja. Lapisan soldermask ini hanya digunakan pada bagian - bagian yang tidak akan disolder sedangkan untuk bagian - bagian yang akan disolder tidak dilapisi dengan soldermask. Biasanya lapisan soldermask ini berwarna hijau tetapi ada juga soldermask yang berwarna merah dan biru.

4. Silkscreen

Lapisan berikutnya adalah lapisan silkscreen yang merupakan cetakan huruf, angka dan simbol pada PCB. Silkscreen berfungsi sebagai indikator komponen - komponen elektronika yang akan dipasangkan pada PCB sehingga akan lebih mempermudah pemasangannya. Silkscreen biasanya berwarna putih tetapi ada juga yang berwarna abu - abu, merah atau kuning keemasan.

Itulah jenis jenis PCB dan lapisannya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "JENIS - JENIS PCB"