Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS - JENIS JANGKA SORONG

Jenis - Jenis Jangka Sorong

Jangka sorong atau disebut juga vernier caliper merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang, tebal, kedalaman lubang pada suatu benda kerja dan lain sebagainya. Jangka sorong di desain sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhannya. Jenis - jenis jangka sorong yang ada saat ini sangat beragam mulai dari jangka sorong manual yang memerlukan ketelitian lebih dalam pembacaan hasil ukurannya sampai jangka sorong digital yang sangat mempermudah penggunanya.

Jenis - jenis jangka sorong secara umum dikelompokan menjadi tiga yaitu:

1. Jangka Sorong Manual (Vernier Caliper)

Gambar Jangka Sorong Manual

Pada jangka sorong manual terdapat dua buah skala yaitu skala utama yang terdapat pada batang tetap dan skala nonius atau skala vernier yang terdapat pada bagian yang bergeser.

2. Jangka Sorong Analog (Dial Caliper)

Gambar Jangka Sorong Analog

Bentuk dan komponen jangka sorong analog secara umum hampir sama dengan jangka sorong manual hanya saja untuk skala verniernya berbentuk analog yaitu berupa jarum seperti jarum jam sehingga lebih mudah dalam pembacaan skala verniernya.

3. Jangka Sorong Digital (Digital Caliper)

Gambar Jangka Sorong Digital

Jangka sorong digital bentuknya sangat mirip dengan jangka sorong manual. Pada jangka sorong digital tidak terdapat skala nonius. Sebagai gantinya pada jangka sorong digital terdapat sebuah layar digital dimana hasil pengukuran akan langsung dapat dilihat pada layar digital ini. Penggunaan jangka sorong digital jauh lebih mudah dibandingkam dengan jangka sorong manual dan jangka sorong analog.

Selain itu jangka sorong juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Jenis - jenis jangka sorong berdasarkan fungsinya diantaranya adalah:

1. Jangka Sorong Alur Dalam (Inside Grove Caliper)

Gambar Jangka Sorong Alur Dalam

Jangka sorong alur dalam meniliki rahang yang lebih panjang dari jangka sorong manual, jangka sorong analog maupun jangka sorong digital. Jangka sorong alur dalam berfungsi untuk mengukur diameter tabung yang bentuknya berlekuk lekuk seperti vas bunga, botol dan sebagainya.

2. Jangka Sorong Ketinggian (Height Caliper)

Gambar Jangka Sorong Ketinggian

Jangka sorong ketinggian digunakan untuk mengukur tinggi suatu benda dengan tingakat keakuratan yang lebih tingi jika dibandingkan dengan meteran atau penggaris. Jangka sorong ketinggian memiliki jangkauan ukur yang lebih panjang dari jangka sorong manual, oleh karena itu tinggi suatu benda yang tidak dapat diukur dengan jangka sorong biasa dpat diukur dengan menggunakan jangka sorong ketinggian ini.

3. Jangka Sorong Pipa (Tube Thickness caliper)

Gambar Jangka Sorong Pipa

Jangka sorong pipa digunakan untuk mengukur ketebalan pipa dengan lebih akurat.

4. Jangka Sorong Jarak Pusat (Centerline Caliper)

Gambar Jangka Sorong Jarak Pusat

Jangka sorong jarak pusat digunakan untuk mengukur jarak dari satu lubang ke lubang yang lainnya atau jarak satu lubang dengan tepi permukaan suatu benda.

5. Jangka Sorong Gigi Gear (Gear Tooth Caliper)

Gambar Jangka Sorong Gigi Gear

Jangka sorong gigi gear digunakan untuk mengukur ketebalan gigi pada gear kendaraan ataupun mesin perkakas.

Itulah jenis - jenis jangka sorong yang saat ini digunakan dalam kehidupan sehari - hari.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "JENIS - JENIS JANGKA SORONG"