Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT WORD

Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word

Pengetikan teks tidak selalu berupa paragraf panjang atau untaian kata yang membentuk kalimat pendek. Terkadang kita diharuskan membuat tabel sebagai pelengkap dokumen. Software keluaran microsoft yang dirancang untuk membuat tabel memang bukan microsoft word, tetapi pada microsoft word juga dilengkapi fasilitas untuk membuat tabel. Terdapat beberapa alternatif yang ditawarkan untuk membuat tabel pada microsoft word dan menempatkannya pada satu dokumen. Di dalam sebuah tabel terdapat baris (Rows) dan kolom (Columns). Cara membuat tabel pada microsoft word ada 4 yaitu dengan menggunakan Icon Table, Insert Table, Draw Table dan Quick Table. Berikut akan dijabarkan satu persatu bagaimana cara membuat tabel pada microsoft word.

Membuat Tabel Melalui Ikon Table
Untuk membuat tabel melalui icon table yaitu : 
1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan
2. Klik tab Insert, di dalam Grup Tables, klik Tables  
3. Pada tampilan yang ada, klik dan sorot jumlah  kolom dan baris sesuai dengan keinginan anda, misalnya sorot 3 baris dan 5 kolom. Perhatikan gambar berikut ini :
4. Setelah membuat tabel tersebut, maka di layar akan terlihat tab Design dan tab Layout

Membuat Tabel Melalui Insert Table
Untuk membuat tabel melalui Insert table, lakukan langkah berikut ini : 
1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan 
2. Klik tab Insert, di dalam Grup Tables, klik Tables 
3. Pada daftar pembuatan table, klik pilihan Insert Table 
4. Di layar akan muncul kotak dialog : 

5. Pada bagian Number of Columns, tentukan jumlah kolom yang akan dibuat misalnya 3.
6. Tentukan pula jumlah baris pada bagian Number of Rows, misalnya 5.
7. Pada bagian AutoFit behavior beri tanda dengan ceklist pada bagian Fixed Column width pilih Auto untuk menentukan lebar kolom secara otomatis.
8. Klik tombol OK 

Membuat Tabel Dengan Draw Table
Untuk membuat tabel dengan draw table, lakukan langkah di bawah ini: 
1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan 
2. Klik tab Insert, di dalam Grup Tables, klik Tables 
3. Pada daftar pembuatan table, klik pilihan Draw Table 
4. Di layar akan terlihat mouse berbentuk pena.
5. Seret pointer mouse ke bawah dan ke kanan, sehingga membentuk persegi panjang. 
6. Setelah terbentuk gunakan ikon pada tab Design dan Layout sehingga akan terbentuk tabel yang lebih baik.

Membuat Tabel Dengan Quick Table
Untuk membuat tabel dengan Quick table, lakukan langkah di bawah ini :
1. Tempatkan kursor di tempat yang diinginkan 
2. Klik tab Insert, di dalam Grup Tables, klik Tables 
3. Pilih menu Quick Table lalu pilih tabel yang diinginkan : 


Post a Comment for "CARA MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT WORD"