Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENIS - JENIS ULIR SEGITIGA

Jenis - Jenis Ulir Segitiga

Ulir adalah suatu profil melingkar melilit pada sebuah benda berbentuk silinder. Ada banyak jenis ulir yang digunakan pada mesin maupun komponen lainnya. Dalam kehidupan sehari - hari, jenis ulir yang paling banyak digunakan adalah jenis ulir segitiga. Mur dan baut adalah contoh benda yang menggunakan ulir segitiga. Ulir segitiga yaitu ulir yang mempunyai penampang dengan bentuk profil segitiga. Ada beberapa jenis ulir segitiga yang sering digunakan. Menurut standarnya, jenis - jenis ulir segitiga terdiri atas:

A. Ulir Metris

Pada baut dan mur yang menggunakan ulir metris, penunjukan atau tanda pada baut atau mur tersebut adalah dengan simbol huruf M yang diikuti dengan angka yang menyatakan ukuran diameter luar ulir dan kisar ulir

Profil ulir metric (ISO Metric) mempunyai bentuk segitiga dengan sudut puncak 60o. Penampang dari sepasang profil ulir metris yang terdiri dari mur dan baut atau ulir luar dan ulir dalam serta ukurannya dapat dilihat pada gambar berikut:

Ukuran standar ulir metris:
·       H1 = 0,541266 p
·       D1 = D – 1,082532 p
D2 = D – 0,64951 p

Ukuran baut metris

Ukuran dari kedalaman ulir pada baut adalah: d = 0,61.p
Ukuran diameter minor atau ukuran diameter terkecil pada baut menjadi:
md. = M D - 2.d = MD - 2(0,61).p = MD - 1,22.p

Ukuran tinggi ulir pada mur adalah h = 0,54.p (dibulatkan)
Ukuran diameter minor atau diameter terkecil dari mur menjadi:
md = M - 2.h = MD - 2 (0,54) p = MD - 1,08 .p (dibulatkan)

Di bawah ini disajikan tabel ukuran ulir metrik (Metric M Profile):

B. Ulir Whitwort

Ulir whitwort adalah jenis ulir segitiga dengan sudut puncak 55o, ulir whitwort ini menggunakan satuan inchi. Penunjukan ulir whitwort yaitu dengan huruf W kemudian diikuti dengan dua angka. Angka pertama menunjukan ukuran diameter luar dan  angka yang kedua menunjukan jumlah kisar stiap satu inchi.

Bentuk standar ulir whitwort dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

C. Ulir UNC

Sama seperti ulir whitwort, ulir UNC juga menggunakan satuan inci tetapi memiliki sudut puncak yang berbeda. Jika ulir whitwort sudut puncaknya adalah 55o, ulir UNC memiliki sudut puncak 60o. Profil ulir UNC sama dengan profil ulir metris. Penunjukan ulir UNC diawali dengan angka yang menyatakan nomor ulir atau diameter ulir luar dan jumlah kisar tiap inchi

Untuk pemilihan ukuran utama ulir UNC dapat ditentukan dengan melihat tabel standar di bawah ini:


Post a Comment for "JENIS - JENIS ULIR SEGITIGA"