Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan bebas dari pencemaran lingkungan. Dengan demikian setiap pekerja dapat terbebas atau mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja dapat meningkatkan produktifitas dan efisiensi di tempat kerja. Dengan menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja, sebuah perusahaan dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan karena kecelakaan kerja.

Penyebab Kecelakaan Kerja

Menurut Budiono dkk (2003), terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja. Faktor - faktor tersebut yaitu:

  • Beban Kerja. Beban kerja yang dimaksud di sini yaitu beban fisik, beban mental, dan beban sosial. Oleh karena itu, perlu diperhatikan penempatan pegawai sesuai dengan kemampuannya.
  • Kapasitas Kerja. Kapasitas kerja sangat bergantung pada tingkat pendidikan, keterampilan, kebugaran jasmani, ukuran tubuh ideal, kondisi gizi dan lain sebagainya.
  • Lingkungan Kerja. Lingkungan kerja dapat berupa faktor fisik, kimia, biologi, ergonomi, dan psikososial.
Selain penyebab Kecelakaan kerja yang sudah disebutkan di atas, masih terdapat banyak penyebab terjadinya kecelakaan kerja secara spesifik, yaitu:

  • Tidak menggunakan peralatan safety
  • Menggunakan peralatan safety yang tidak sesuai
  • Kelelahan, baik itu kelelahan fisik, psikis, monoton, maupun kelelahan fisik
  • Bercanda pada saat bekerja
  • Menggunakan peralatan tidak sesuai dengan peruntukkannya
  • Tidak fokus
  • Tergesa gesa pada saat bekerja
  • Lingkungan yang kotor dan tidak rapi
  • Dan lain - lain

Cara Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kerja

Beberapa cara sudah dilakukan manusia untuk mencegah atau mengurangi dampak kecelakaan kerja. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak kecelakaan kerja yaitu:

  1. Mengurangi atau menghilangkan perilaku yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja dengan cara melakukan pelatihan, menyusun kebijakan, menempelkan poster di berbagai lokasi, dan meningkatkan kesadaran pentingnya safety
  2. Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat melakukan pekerjaan. Penggunaan APD dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja
  3. Bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. Setiap prosedur atau langkah kerja yang dibuat, memiliki tujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja
  4. Menggunakan peralatan kerja sesuai fungsinya. Peralatan yang digunakan tidak sesuai dengan fungsinya tentu akan mendatangkan bahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja
  5. Tidak bercanda pada saat kerja, karena dengan bercanda pada saat kerja tentu saja akan menimbulkan potensi terjadinya kecelakaan kerja
  6. Tetap fokus pada saat kerja. Selalu pastikan kondisi badan dalam keadaan fit saat akan bekerja agar bisa terus fokus pada saat melakukan pekerjaan 

Dampak Dari Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja yang menimpa seseorang dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupannya. Dengan terjadinya kecelakaan kerja, seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan, kecacatan, gangguan mental, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Jika membaca atau melihat berita, sudah banyak sekali kecelakaan kerja yang berakibat fatal terhadap manusia seperti tangan terpotong, kaki terpotong, mengalami gangguan kesehatan, dan masih banyak dampak buruk lainnya. Selain itu banyak juga kecelakaan kerja yang terjadi sampai menghilangkan nyawa seseorang.

Oleh karena itu, dimanapun dan kapanpun kita berada, kita senantiasa harus selalu melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja agar terhindar dari kecelakaan kerja.

Ingat, kecelakaan kerja tentu tidak dapat dihilangkan, tetapi setidaknya dengan mengetahui ilmu keselamatan dan kesehatan kerja, kita dapat mengurangi dampak dari terjadinya kecelakaan kerja.

Produk yang dihasilkan tidak akan ada nilainya jika di dalam prosesnya terdapat kecelakaan kerja.

Itu saja yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, jika ada tambahan silakan disampaikan di kolom komentar

#safetyfirst

#utamakankeselamatandankesehatankerja

Post a Comment for "Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja"